Kandungan Serta Manfaat Susu Kambing

Susu kambing menjadi salah satu pilihan yang populer bagi mereka yang memiliki masalah intoleransi susu sapi atau alergi. Selain itu, kandungan nutrisi dan manfaat kesehatan dari susu kambing juga menjadi alasan mengapa banyak orang memilih susu kambing sebagai alternatif susu sapi. Berikut adalah beberapa kandungan dan manfaat susu kambing:

Kandungan Yang ada pada susu kambing 

kandungan susu kambing

Protein Tinggi Susu kambing

Protein Tinggi Susu kambing mengandung protein yang sangat tinggi, kira-kira 3,5% yang lebih tinggi dari susu sapi. Protein diperlukan oleh tubuh untuk membangun jaringan otot dan jaringan tubuh lainnya. Selain itu, protein juga menyeimbangkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Lemak baik Susu kambing

Lemak baik Susu kambing mengandung lemak yang lebih sedikit dibandingkan dengan susu sapi, tetapi memiliki kandungan lemak baik yang lebih tinggi. Asam lemak tak jenuh ganda yang terkandung dalam susu kambing membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Vitamin dan mineral Susu kambing

Vitamin dan mineral Susu kambing juga kaya akan vitamin dan mineral yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Seperti vitamin D, vitamin B12, kalsium, fosfor dan magnesium. Sepotong (240ml) susu kambing mengandung lebih banyak vitamin dan mineral daripada susu sapi.

Partikel Lemak

Mudah dicerna Susu kambing terbaik untuk anak memiliki partikel lemak yang lebih kecil dari susu sapi, sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh. Hal ini membantu mengurangi risiko masalah pencernaan seperti diare dan sembelit.

Kandungan Laktosa

Membantu menyelesaikan masalah intoleransi susu sapi Susu kambing memiliki sifat yang melegakan bagi orang yang memiliki masalah intoleransi susu sapi, hal ini karena susu kambing mengandung laktosa yang lebih sedikit dibandingkan dengan susu sapi.

Kandungan Kalsium dan fosfor

Menjaga kesehatan tulang dan gigi Susu kambing kaya akan kalsium, fosfor dan magnesium. Kalsium dan fosfor adalah nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, termasuk memperkuat dan meningkatkan kepadatan tulang.

Kandungan asam linoleat konjugasi

Meningkatkan daya tahan tubuh Susu kambing mengandung asam linoleat konjugasi (CLA) dan vitamin A yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sementara itu, kandungan seng dan selenium yang terdapat dalam susu kambing juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi.

Susu kambing dengan kandungan nutrisi yang melimpah dan manfaat kesehatan yang baik sangat tepat dikonsumsi untuk anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua. Namun, sebelum meminum susu kambing, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terutama bagi Anda yang memiliki riwayat alergi.

Susu kambing untuk anak

Manfaat susu kambing untuk kesehatan tubuh manusia antara lain:

Manfaat dari Susu Kambing

Meningkatkan sistem kekebalan

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Kandungan protein dan mineral dalam susu kambing dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan pertumbuhan 

Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan Susu kambing kaya akan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan bayi.

Mengatasi intoleransi susu sapi

Membantu mengatasi intoleransi susu sapi Susu kambing memiliki komposisi yang mirip dengan susu sapi. Namun, kandungan protein dan lemak yang lebih rendah dalam susu kambing dapat membantu mengatasi intoleransi susu sapi.

Mengurangi risiko alergi

Mengurangi risiko alergi Beberapa studi menunjukkan bahwa susu kambing dapat membantu mengurangi risiko alergi pada anak-anak dan bayi.

Mendukung kesehatan tulang

Mendukung kesehatan tulang Susu kambing mengandung kalsium, fosfor, dan magnesium yang Penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Membantu menjaga kesehatan gigi

Membantu menjaga kesehatan gigi Kandungan kalsium dan fosfor dalam susu kambing dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mencegah kerusakan gigi.

Meskipun susu kambing memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, sebaiknya kamu tidak menggantikan susu sapi dengan susu kambing tanpa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu. Konsultasi ini penting untuk menentukan pilihan jenis susu yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan kamu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Susu Formula Kambing Untuk Pertumbuhan Anak Karihome

Susu Kambing Berprotein Karihome

Jika Anak Mengalami Alergi Susu Sapi Dibiarkan